Posted on Leave a comment

KELEBIHAN BAHAN WOLLY CREPE

Wolly Crepe mempunyai tekstur paling lembut dan halus dibanding dengan jenis bahan crepe yang lain. Bahan ini menjadi sangat cocok untuk bahan gamis karena mempunyai ketebalan yang cukup dan pas dengan susunan serat kainnya yang rapat sehingga tidak menerawang. Tekstru pada Wolly Crerpe sangat mudah dikenali, yaitu tekstur mirip kulit jeruk yang paling halus ata tidak begitu tampak dibanding Moss Crepe atau Diamon Italiano. Terdapat sensasi tekstur crepe dipermukaan kain ketika diraba.

Kelebihan Bahan Wolly Crepe

Wolly Crepe mempunyai segudang kelebihan selain harga yang ekonomis. Ketebalan kain yang dan sifat yang jatuh atau tidak kaku mampu menjadikan gamis dan jilba menjadi cantik dilihat dan digunakan. Selain itu, dengan serat yang rapat membuat kain ini tidak menerawang namun perlu dipahami ketika terkena cahaya atau pada warna-warna tertentu, kain Wolly Crepe bisa menjadi tetap menerawang, jadi ada baiknya menggunakan bahan pelapis tambahan atau furing ketika hanya digunakan untuk pembuatan rok atau bawahan. Tekstur kainnyapun cukup halus dan adem ketika diraba namun tidak begitu licin hal ini dikarenakan permukaan kain yang seperti jeruk atau berpasir ketia diraba. Pilihan warna yang ditawarkan Wolly Crepe cuku bervariatif dari warna pastel sampai warna solid. Dan tentunya dengan karakter bahan yamg jatuh, tidak membuat Wolly Crepe mudah kusut. Sehingga mudah untuk cara perawatannya.

Beberapa orang ada yang menyebut kain Wolly Crepe mirip dengan kain Wolfis. Yang membedakan dari kedua bahan kain tersebut adalah tekstur yang telah kita bahas diatas. Lalu untuk kan Wolly Crepe tidak stretch atau tidak melar. Kain ini selain untuk gamis dan jilbab, banyak pula diaplikasikan untuk pembutan celana, rok, baju koko, dan blouse.

Dari artikel di atas, tentu Sahabat BahanKain sudah mendapat gambaran apa mengenai kain Wolly Crepe. Jilbab atau gamis ataupun busana yang lainnya, akan menjadi sebuah karya yang indah jika tepat dalam pemilihan bahannya. Sehingga sahabat BahanKain bisa lebih berkreasi dalam menciptakan sebuah karya seni dalam hal busana.

Sumber : Bahankain.com

Posted on Leave a comment

KAIN MOSS CREPE, BAHAN CREPE UNTUK GAMIS SYARI

Apa itu Kain Moss Crepe?

 Bahan Kain Moss Crepe merupakan salah satu dari jenis kain crepe yang tengah  populer digunakan untuk gamis maupun jilbab. Jika diamati secara sekilas kain mosscrepe ini hampir sama dengan jenis crepe lainnya seperti wolly crepe, dan diamond crepe.  Tetapi jika kita amati lebih detail dan langsung sentuh kain akan terlihat perbedaanya. Untuk jenis kain moss crepe ini memiliki sifat sedikit lentur jika ditarik, hal ini yang membedakan dengan jenis crepe lainnya. Soal harga kain moss crepe ini dihargai lebih mahal dibanding jenis crepe lainnya.

Kelebihan Kain Moss Crepe 

Seperti yang sudah kita tulis diatas, secara sekilas antara jenis moss crepe dengan jenis crepe lainnya hampir sama. Tetapi jika melihat lebih detail kita baru bisa melihat kelebihan kain ini dibanding lainnya.

Kelebihan pertama dari kain moss crepe adalah kain terasa ringan meski ketebalan sama dengan jenis lainnya. Kelebihan ini membuat kain moss crepe cocok digunakan untuk bahan gamis karena sang pengguna nantinya tidak merasa berat ketika menggunakan gamis berbahan moss crepe.

Tektur kain ini jatuh dan tidak mencetak tubuh menjadi kelebihan kedua dari kain moss crepe. Dengan kelebihan ini bahan moss crepe cocok untuk sekmen gamis syari terlebih kain ini juga memiliki karakter yang lembut dan tidak panas.

Kelebihan ketiga yang tidak dimiliki jenis crepe lainnya adalah kain moss crepe ini memiliki sifat lentur baik arah vertical maupun horizontal. Kelebihan tersebut yang membuat gamis-gamis dengan terbuat dari bahan mosscrepe sangat nyaman digunakan.

Sumber : Bahankain.com

Posted on Leave a comment

MENGENAL KAIN BEMBERG

Kain Bemberg adalah hasil olahan serat cupro yang diproduksi oleh Asahi Kasei Corp. Cupro adalah serat selulosa regenerasi berasal dari serat-serat pendek yang menempel di biji kapas.

Benang Bemberg adalah benang filament buatan pabrik Benang Asahi Kasei Jepang dari serat cupro (inti serat-serat pendek yg menempel disekeliling biji kapas yang masih mengandung minyak kapas) sehingga waktu ditarik filamentnya menjadi berkilau seperti sutra, lembut, namun punya kelebihan sejuk dipakai dan nyaman sehingga cocok untuk busana di negara Tropis. Bemberg “Cool in the Summer Warm in the Winter”

Benang Bemberg sudah diuji coba oleh 15 pengrajin, Desainer dan Pengusaha Batik, shibori serta ecoprint. Hasilnya benang ini mudah ditenun baik untuk pakan maupun ditwisting untuk benang lungsi, hasil kain tekstil dari benang Bemberg ini sangat mudah dibatik dan menyerap warna sangat kuat sehingga menghemat bahan pewarnaan. Kain bemberg ini memiliki kilau seperti sutra, lembut, sejuk dan nyaman dipakai.

SEJARAH BEMBERG

Bemberg mulai ditemukan pertama kali pada tahun 1897 dan mulai  industrialisasi di Jerman pada tahun 1898. Pada tahun 1928, Asahi Kasei telah memperkenalkan teknologi produksi serat oleh J.P Bemberg dan baru setelah tiga tahun penelitian Asahi Kasei mulai membangun dan mengoperasikan Pabrik Bemberg di Kota Nobeoka, Prefektur Mizayaki tepatnya pada tahun 1931. Asahi Kasei telah beroperasi selama lebih dari 85 tahun diatas tanah yang kaya akan sumber daya alam. Brand baru “It Feels So Precious” mulai diperkenalkan pada tahun 2015 untuk lebih memberikan sentuhan bahwa produk ini merupakan produk yang eklusif yang mampu memberikan kenyaman bagi penggunanya. Dan pada tahun 2017 Bemberg berhasil memperoleh Sertifikasi Global Recycle Standard (GRS) dari Textile Exchange,    Dengan kreatifitas yang terus berkembang dan diperbarui, Asahi Kasei mampu menjadi satu-satunya pabrik Bemberg di Dunia yang menghasilkan serat Cupro tanpa merusak lingkungan alam setempat.

Serat Cupro sendiri merupakan serat-serta pendek yang menempel disekeliling biji kapas yang masih mengandung minyak biji sehingga benang yang dihasilkan lembut dan berkilau seperti sutra.

Kelebihan Kain Bemberg 

  • Sentuhan halus dan silky, terasa halus dan lembut di kulit
  • Serat yang “breathable”, menyerap kelembaban dan melepaskannya menjadi uap air
  • Sejuk di musim panas, hangat di musim dingin. Nyaman dipakai di semua musim.

Sumber : Bahankain.com

Posted on Leave a comment

KAIN CERUTI BABYDOLL

Kain ceruti babydoll merupakan salah satu jenis kain ceruti yang biasa sahabat BahanKain temukan pada produk busana muslim. Kain ceruti sendiri adalah salah satu kain yang memiliki tekstur seperti kulit jeruk atau berpasir dengan tekstur yang tipis, ringan dan lembut. Kain ceruti ini sebenarnya merupakan turunan dari kain sifon sehingga karakteristik ceruti hampir sama dengan sifon. Tetapi jika dibandingkan kain ceruti ini lebih lembut dan lebih elastis.

Kain ceruti babydoll kini tengah populer digunakan untuk bahan jilbab dan khimar. Karena kain ini tipis dalam pembuatan khimar syar’i biasanya kain ini di 2 rangkap / 2 layer agar tidak menerawang. Sedangkan untuk digunakan bahan gamis agar tidak menerawang biasanya menggunakan lapisan furing didalamnya.

Keunggulan Bahan Kain Ceruti Babydoll

Kain ceruti babydoll tidak mudah kusut
Kain ini memiliki sifat lentur atau Stretching
Kain ini nyaman sewaktu dikenakan meskipun tidak dapat menyerap keringat dengan baik
Ceruti Babydoll memiliki sifat lentur, tidak mengkilap serta tipis atau transparan
Produk kain ceruti babydoll yang kami pasarkan merupakan jenis ceruti premium (high quality) yang memiliki penyusutan / crepe (kulit jeruk) 30% dengan tekstur yang lembut jatuh dan lebih tebal dibandingkan ceruti babydoll standar.
Sumber : Bahankain.com